Pengertian, Fungsi, dan Jenis Sistem Operasi


Sekarang yang dibahas adalah Pengertian, Fungsi, dan Jenis Sistem Operasi.
Sebuah sistem komputer terdiri atas hardware, software, dan brainware di mana ketiganya saling terkait satu sama lain. Ketiganya merupakan syarat mutlak untuk menjalankan sebuah sistem komputer.


Pengertian Sistem Operasi
  • Sistem Operasi merupakan program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna (user)  komputer dengan hardware (perangkat keras) komputer. Tujuan dari sistem operasi adalah untuk menyediakan lingkungan di mana user dapat mengeksekusi program yang di ingginkan dengan efisien.
  • Sebuah Sistem Operasi sama halnya dengan sebuah Perintah. Komponen-komponenya seperti hardware, software dan data. Sistem Operasi menyediakan kemudahan untuk meggunakan berbagai sumber daya dalam sebuah operasi. Sama halnya dengan sebuah pemerintahan, sistem operasi tidak bekerja sendirian.
  • Sistem operasi harus menyediakan sebuah lingkungan yang di dalamnya terdapat berbagai program untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Pandangan lain terhadap sebuah sistem operasi terfokus pada kebutuhan pengendalian (control) program yang mengendalikan eksekusi program user untuk mencegah error.
  • Tujuan Utama sebuah Sistem Operasi adalah untuk kenyamanan User. Sistem Operasi ada untuk lebih memudahkan user mengoperasikan komputer di banding tanpa sistem operasi. Tujuan lainnya adalah untuk mengefisienkan operasi sistem computer sekaligus bertugas melakukan control dan koordinasi pengguna perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user berbeda.
Dalam Hal ini, ada beberapa sistem penting yang berkaitan dengan sistem operasi yaitu Sistem, Software, Aplikasi, Program, Data, Informasi, dan User/Multiuser, Berikut penjelasannya :

1. Sistem Adalah kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Jerry Fith Gerald, Sistem Operasi adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatana atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Sistem biasanya terdiri atas komponen atau unit yang saling terkait. Dalam hal ini, sistem berkaitan dengan seluruh komponen, baik di dalam maupun di luat komponen yaitu meliputi Hardware, Software, Brainware.
  • Hardware Sebagai media atau alat fisik yang di gunakan untuk menjalakan software atau aplikasi. 
  • Software merupakan kumpulan beberapa perintah yang di eksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi  mesin komputer untuk menyinpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
  • Brainware sebagai perangkat  insani (manusia) yang menjalankan komputer. Sumber daya manusia ini sangat menentukan dalam kebijakan penggunaan komoputer.
2. Jika Software sudah dijelaskan sebagai piranti lunak, maka program adalah aplikasi yang digunakan pada komputer misalnya program database, program keuangan, program data sekolah, dll yang dirancang menggunakan software tertentu.
3. Aplikasi merupakan perancangan dari software dan program yang dijalankan pada komputer. Aplikasi dapat berupa hasil olahan dari software dan program, dapat pula hasil bawaan dari sistem operasi seperti Ms.Word, Ms. Excel, dll.
4. Data merupakan bahan baku dari informasi, hasil mentah informasi atau matri yang belum diolah, sedangkan informasi adalah data yang telah diolah dan dapat dimanfaatkan oleh publik sebagai bahan referensi.
5. User dan Multiuser merupakan subjek yang menjalankan komputer atau program. Multiuser berarti program dapat dijalankan oleh banyak subjek (banyak orang).

Fungsi Sistem Operasi
  • Sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan
  • Mengelola hardware dan software aplikasi pada komputer
  • Lainnya : Resource manager, Interface, Coordinator, Guardian, Gate keeper, Optimizer, Accountant, Server, dll.
Jenis Sistem Operasi

Sistem operasi berdasarkan basisnya terdapat 2 jenis, yaitu :
  • Berbasis teks disebut CUI (Character User Interface) atau TUI (Teks User Interface), contoh : DOS (IBM-DOS atau MS.DOS)
  • Berbasis grafis disebut GUI (Graphical User Interface), contoh : Windows, Linux, Macintosh, dll).
Semoga Bermanfaat !

Kami mempunyai ebook mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI

Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk Anda !

http://goo.gl/0x1n0R


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg AP

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog ini.

2 komentar untuk "Pengertian, Fungsi, dan Jenis Sistem Operasi"

  1. wah bagus nih artikelnya buat tugas sekolah

    ReplyDelete
  2. owh begitu ya kak, dapat ilmu baru saya ☺

    ReplyDelete

Syarat Untuk Berkomentar :

Berbicaralah dengan kata-kata yang sopan !
Bertanya sesuai dengan topik !
Jangan lupa berterimakasih !
Tidak mengejek SARA !

Terimakasih untuk kunjungannya !

Tutorial Book , Download Now !!